Onani dan Masturbasi yang Halal dan Islami (adakah?)

Dalam tinjauan Fiqh Islam, Onani bagi laki-laki atau Mastubasi bagi wanita berasal dari istilah Al-Istimna’ (onani/masturbasi), Nikahul Yad (menyetubuhi tangan), Al-‘Adah As-Sirriyah (kebiasaan yang dilakukan dengan sembunyi dan rahasia), dan Jaldu ‘Amiroh (kulit ketemu kulit).

Hukum Onani dan Masturbasi

Di dalam Islam hukum asli onani dan masturbasi adalah haram. Allah Subhanhu wa Ta’ala berfirman : “Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak-budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang dibalik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” [QS. Al-Mu'minun : 5-7]

Di dalam ayat di atas Allah memberitakan bahwa barangsiapa yang tidak bersetubuh dengan istrinya dan melakukan onani, maka berarti ia telah melampaui batas ; dan tidak syak lagi bahwa onani itu melanggar batasan Allah.

Maka dari itu, para ulama mengambil kesimpulan dari ayat di atas, bahwa kebiasaan tersembunyi (onani) itu haram hukumnya. Kebiasaan rahasia itu adalah mengeluarkan sperma dengan tangan di saat syahwat bergejolak. Perbuatan ini tidak boleh ia lakukan, karena mengandung banyak bahaya sebagaimana dijelaskan oleh para dokter kesehatan.

Onani dan Masturbasi yang Halal dan Islami

Onani dan Masturbasi yang halal dan Islami adalah Onani dan Masturbasi yang dilakukan oleh suami kepada istrinya, dan istrinya kepada suaminya. Karena suami-istri boleh mendapatkan kenikmatan dari pasangannya, dengan apapun juga, tidak terkecuali dengan Onani dan Masturbasi.

Jadi yang diharamkan adalah Onani dan Masturbasi yang dilakukan oleh seseorang dengan tangannya sendiri, adapun dengan tangan suami atau istrinya maka itu adalah halal, tidak berdosa, bahkan mendapatkan pahala. Tidak mau Anda????

Wallahu A’lamu bish Shawab.

About these ads

44 responses to “Onani dan Masturbasi yang Halal dan Islami (adakah?)

  1. salam………………….tgk tukar2 link yuukk…

    salam aneuk dayah

  2. maaf sblumnya.sya mau cri ilmu.mas aku mau tanya;kalo memang asal sling memberikan kesenangan kpada psangan suami istri itu diperbolehkan onani.lalu apa hukumnya dengan anal sex.maaf sblumnya tpi spengetauan saya bkan suami aja yg menikmati itu,tpi wanita jga merasakan jga.apa itu di halalkan juga?

  3. untuk sdr rie, kayaknya nggak boleh tuh kalo anal sex.kan sdh ada hadistnya tp mohon maaf sy lupa redaksinya.pokoknya ada kok. coba cari di google.

  4. hmz…
    saya pernah bertanya mas rie…
    saya bertanya kepada ustadz di sekolah saya…
    katanya asalkan istri/suami ridho, ga da salahnya…

    tapi itu tergantung kita…
    wallohu alam……

  5. buat bung @aroel : tidak seorang ulama pun yang mengatakan bolehnya anal seks jika suami-istri saling ridho, Anda bertanya kepada ustadz siapa? Tolong dichak kembali?
    buat mas @rie : Anal seks diharamkan di dalam Islam, berdasarkan Kitabullah, Sunnah Rasulullah, dan Ijma para shahabat. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa menyetubuhi wanita haid atau menyetubuhi wanita dari duburnya, atau mendatangi seorang dukun kemudian meyakini apa yang diucapkannya, maka sungguh dia telah kufur kepada wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad SAW.” (HR. Ahmad, dengan sanad yang shahih)
    Adapun mencumbui (menikmati) dubur istri tanpa penetrasi maka hal itu tdk mengapa dan dibolehkan. Wallahu A’lam bish Shawab.

  6. Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: “Terkutuklah suami yang menggauli isterinya di lubang duburnya (anus).” (HR. Imam Ahmad, Ibn Adiy dll dengan sanad hasan),

    So sudah pasti gk boleh tu.. pake cara lain aja

  7. owh….
    iya maaf…saya kurang teliti…
    kalo yang dari dubur emang haram
    tapi kalo oral (lewat mulut) boleh … asal istri rido
    hmz….kalo menurut kafe remaja gimana?

  8. hehe…
    sebenarnya saya masih SMA jadi lom tau masalah gituan…
    hehe..
    tapi gada salahnya kan kalau tau….?? :-)

  9. klo mslh onani dan masturbasi,itu msih blom pasti tergantung madzhab yang kita pakai,akan tetapi dulu di dalam perang Nabi Muhammad SAW. membolehkan para mujahidin untuk melakukan onani…..slnjutnya wallahu a’lam

  10. buat bung @ipritz : benar ndk tuch riwayatnya? pada perang apa? tulunk di cek lg ya…..bahaya kalo kita berbicara tanpa dalil yang shahih :) . Thanks dh mau kunjungi..jangan pnh bosan.

  11. nah, kalau suami “harus” onani karena ditinggal pergi istri, bagaimana? dosa siapa????????????????????????

  12. Saya suka banget tuh onani……..niatnya sih spaya gak ngelakuin begituan……gmn dunk??brusaha ngehindarin jina yang lebih besar……..

  13. apa benar th kalau suami ato istri melakukan onani dihalalkan, kan itu juga menyalahi fitrah yang diberikan pada tiap2 anggota badan.
    kalau ada hadit’s ato semacamnya yang kuat tolong dijelasin donk!

  14. http://hafizfirdaus.com/ebook/musafir/bhg43.htm

    segala nya telah jelas dilink di atas berkaitan onani dan islam

  15. wah…seru tuh…onani dengan pasangan sah. bisa jadi inovasi gaya dalam ber-JIMA’

  16. kalo aq sih ngelakuain onani kalo..lagi kpengen ruz istri…lagi gak mud tw ga enak badan dripada berjina dengn perempuan laen…hasrat ku ga ktahan…palagi aku ngerasain…libido ku tinggi banget…( hyper )…jadi aku sering ONANI deh…dri pada ONINA dimarahin istri…ntar

  17. aku adalah seorang remaja akhir.umurku 20 tahun. dulu aku punya kebiasaan buruk, yaitu sering banget onani, sampe hampir aku ngelakuin itu setiap hari. tapi seringnya dua hari sekali. itu ku lakukan karena emang hasrat sex ku tinggi. apa daya maksud hati ingin bersetubuh, tapi istri tak ada, karena aku belum boleh nikah sama ortu. jadi untuk melampiaskan nafsuku, aku “terpaksa” ngelakuin cokbun/coli/ngocok/ngapdate/ngebejol/onani. aku merasakan kenikmatan yang luar biasa saat air maniku keluar, tapi setelahnya ku merasakan penyesalan yang amat sangat dalam banget. aku merasa berdosa kepada Allah. tapi tidak kurang dari 24 jam nafsu seks ku bangkit kembali dan tak jarang kulakukan lagi. tapi para pembaca yang dirahmati ALLAH,alhamdulillah untuk saat ini aku sudah belajar untuk berhenti melakukannya. dan ternyata aku bisa.udah satu bulan aku ga ngocok farji ku. dan rasanya hidup ini indah, ibadahpun jadi tenang, ga resah kaya dulu. memang susah melepaskan kebiasan buruk dan kenikmatan ngocok yang udah mendarah daging dalam diriku, tapi aku yakin ALLAH pasti menolong hambanya yang ingin bertaubat dan memperbaiki diri.jadi bagi siapapun yang ingin berhenti dari kebiasaan buruk ini, kalian pasti bisa asal niat kita ikhlas karena Allah. kita harus sabar, sampai Allah memberikan kita istri untuk ajak “bercinta” karena itulah jalan yang dihalalkan oleh Allah.mudah mudahan tulisan ini bermanfaat untuk pembaca semua.amin…afwan jika ada salah ucap. I HATE NGOCOK FARJI!!!!!

  18. luar biasa sekali, sekarang masih ada orang yang mau berhenti dari kebiasaan onani……..saya juga mau berhenti ah………

  19. ngocok/onani uenak buanget rek…..aku jadi ga bisa lepasin kebiasaan ini deh…..ahhhh….ihhhh…..uhhhhh…..pake tangan sendiri……..punya sensasi tersendiri buat gue……..
    ya Allah ampunilah hambamu yang hina ini……

  20. affan aq anak baru yang blum tau soal hukum” islam mau gabung

  21. trima kasih temen2 yg pada comment, smoga pahala mengucur deras kpada orang yang telah mmberi ilmu baik dan yang telah berhenti melakukan perbuatan tersebut,,,,,,dan kita doakan mudah2an orang yang banyak disana bisa mmbaca web ini,,,,amin ^_^

  22. semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian….dan diri saya sendiri…. penglaman guru terbaik

  23. maf sblumnya.
    sya mau tanya. kalau seorang janda melakukan onani dg tangannya sendiri demi mndpatkan kpuasan batin, itu dhalalkan atau dharamkan.
    atas komentarnya saya ucapkan terima kasih.

  24. Logika aja dech.

    Buat yg msh single, blum nenikah. Udah dewasa dan pastinya punya nafsu birahi.

    Mau melakukan seks di luar nikah atau masturbasi aja ??

    Pilihan di tangan anda.

  25. bagaimna jikalau kita onani gak pakai tangan tapi sambil tidur tengkurap terus imaji kita keseorang wanita dan akhirnya sperma kita keluar?

  26. Terima kasih atas pengetahuaanya?
    Apkh allah msh memaafkn apabila terlanjur jauh melakukan onani.?karena saya sering melakukanya

  27. Apkh allah msh memaafkn apabila terlanjur jauh melakukan onani.?karena saya sering melakukanya

  28. ma’af aku ikutan , aku baru berumur 19 ahun aku melakukan onani sejak umur 14 trus susah bangat berhentinya gimana atuh?

  29. oh ya kalau melakukan onani itu haraam, kalau itu kepunyaan laki2 itu udah sakit biasanya melakukan yang gituan trus kita tidak melakukannya dan mengakibat kan anggota tubuh jadi nggak enak alias sakit gimana itu

  30. Saya seorang istri,,setahun terakhir saya dan suami berhubungan intim tp sya gk bsa merasakan kenikmatan,,akhirnya sya pilih jalan mustrubasi,,sya merasa besalah sma suami,ya Allah ampuni dosa hambamu yg hina ini amiiin…

  31. Kalo dalam keadaan jauh dari rumah….melakukan onani haram pa ngk

  32. mas misalnya onani tetapi tidak mengeluarkan mani apakah halal ?

  33. saya ga bisa berhenti onani ! gimana nih ?

  34. Onani itu enak :) nikmat

  35. Gmn kalau suami gak pulang lami tapi udah gak kuat melawan nafsu

  36. wawlahualam…

  37. alhamdulillah smua pd tau bhw onani hkmx hram maka bag! Yg srg onani mulai skrg jgn d lakukn lgi klu g’bz nahan nafsu d bawah bermain ja

  38. klu q onani sma swami krn ingin menunda khamilan dlu,krn putra prtma mci kcil.alhamdulillah,,,dr sni q jd nrti klu hal tsb halal dlm islam.

  39. alhamdulilah hari ini gw sdh ngk mau nglakuiin onani lg berkat doa dn sholat 5 waktu ..semoga di kuatkn hati dn ragaku ini..amin

  40. cara meningglkn kebiasaan onani itu 1 jgn nnton video bf lg.2 jgn sering2 liat cewek cantik poto atw liat di jalan2.2.jauhkn dari judi .mabuk.narkoba.freesex .3banyak2 toubattannasuha diri kita..nikahdh klo mmpu ..puasadh klo blum mmpu..thanks..

  41. Waduh…aku jauh dr istri..klu lg pengen gak bs ditahan…dr pada aku selingkuh aku diijinkan istriku buat onani…gmn mas brow

  42. selamat malam, maaf sebelumnya saya ingin tanya apakah melakukan onani dgn menggunakan alat bantu apakah haram, tengah istri pergi jauh selama 4 bulan lebih. mohon di jawab. terima kasih informasi

  43. Melakukan onani dibenarkan di antara suami isteri jika satu pihak tidak dapat diransang dengan cara yang lain,atau ketika keadaan benar-benar sudah terdesak dan kita tidak mampu menghalang nafsu walau setelah berpuasa dan melakukan hal kebaikan lainnya.Untuk yang belum menikah,juga dibenarkan hanya dalam keadaan yang sudah benar-benar tidak lagi dapat dihalang dengan cara yang lain(jika dia TELAH berusaha 100%)

    Adapun Islam ini adalah agama yang sempurna maka sebenarnya ia telah menjelaskan bahawa setiap sesuatu ada ubatnya,dan tidak ada apapun yang dapat menghalang nafsu jahat melainkan dengan melaksanakan Islam dengan bersungguh.

    Jadi tidak ada alasan untuk anda melakukan onani untuk mengelakkan zina sedangkan onani itu juga adalah pintu kepada zina.

  44. Aku siswa sma kls 3, bgiku onani adlh bentng tuk ngejangain nafsuku, krn stiap habis onani tuh sy mersa berslh n mw bertobt ndk ngelakuin lg tp besokx nafsu sy dtanj lg. Krn tempt tinggal sy bxk permpuan seumurn sy yg klw keluar rumh pd pke celana sepaha, n teman2 sekolh wanita sy klw pd kerja tugs bersama ,klw bukn celna ketat sepaha biasa pke busana tdur. Jd biasa ngak nahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s