Hukum Memakai Toga Bagi Mahasiswi Ketika Wisuda

Pertanyaan :

Dalam acara wisuda di beberapa perguruan tinggi para mahasiswi biasanya memakai toga dan mengenakan penutup kepala (kerudung) khusus untuk wisuda, di mana mereka berjalan dalam barisan yang tersusun rapi di hadapan para hadirin yang terdiri dari ibu-ibu, kemudian para wisudawati duduk di hadapan mereka. Setelah itu dilanjutkan dengan memberikan penghormatan kepada mereka. Bagaimanakah hukum syar’i mengenai hal tersebut?

Jawaban :

Tidak menjadi masalah, jika pakaian itu khusus dipakai pada tempat-tempat resmi dan tempat itu tidak dihadiri kaum laki-laki, dan yang hadir hanya para mahasiswi, ibu-ibu, serta para dosen wanita, selama pakaian itu menutupi kepala, tubuh, dan kedua kaki, serta penutup kepala (kerudung) dipakai di atas kepala. Tidak menjadi masalah berjalan dalam barisan yang tersusun rapi di hadapan para kaum wanita yang hadir, kemudian duduk di hadapan mereka dan diteruskan dengan memberikan penghormatan kepada mereka baik sebelum maupun sesudahnya dengan ucapan selamat atau ucapan yang lainnya. Tetapi jika aba-ah (pakaian luar wanita) tersebut berukuran pendek, maka tidak boleh memakainya, kecuali di hadapan wanita-wanita tertentu, dan tidak boleh membiasakan para pemudi/remaji memakai pakaian mini (pendek) dan tidak boleh memakai pakaian luar yang hanya dilekatkan pada kedua bahu, karena hal tersebut menyerupai kaum laki-laki. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Shalawat dan Salam semoga tercurahkan kepada Nabi dan Rasul-Nya Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, keluarga, dan para shahabatnya.

(Disari dari kitab Fatwa-Fatwa Terkini : III/77).

One response to “Hukum Memakai Toga Bagi Mahasiswi Ketika Wisuda

  1. Jazakumullahu khoiron ustadz atas informasinya. Ana sebentar lagi wisuda. Jadi bisa cari alternatif lainnya. Doakan ana. Ana ingin tanya apa hukum bersedekap ketika i’tidal di dalam shalat. Mohon jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s