Tahukah Anda Kenapa ‘Orang Indonesia’ Suka Nyontek Ketika Ujian?

plagiariNyontek sewaktu ujian, ternyata bukan budaya anak-anak SD aja, bahkan sampai Perguruan Tinggi pun budaya ini masih kental.

Benar juga kata pepatah, ‘Guru Kencing Berdiri, Anak Murid Kencing Berlari.’ Kalau gurunya sewaktu kuliah nyontek ketika ujian, anak muridnya juga ikutan. Maka 100% anak murid tidak bisa disalahkan, seharusnya para guru instropeksi diri.

Budaya nyontek sewaktu ujian di Negara Indonesia ini telah mengakar kuat pada dunia pendidikan. Sulit untuk dihilangkan, persis sebagaimana budaya korupsi.

Kalau dipikir-pikir apa sih penyebab seorang pelajar, mahasiswa, calon PNS nyontek sewaktu ujian?
nyontek-23

Mungkin ini sebabnya :

1. Ndak belajar ketika mau ujian. (Kalau ini jelas…bingung ndk bisa jawab)

2. Ndak ingat alias lupa, sehingga nyari2 suara, tulisan, atau bisikan2 yg bisa mengingatkannya apa yg telah dihafalnya sebelumnya. (Kalau yg ini mngkin ndk dosa ya….hehehehe)

3. Materi soalnya tidak sesuai dengan materi yang ia pelajari. (Wah..kalau yg ini jelas kalang kabut, mayoritas nyontek ketika ujian disebabkan hal ini)

4. Ndk percaya diri. (Kalau yg ini kurang baik, ndk punya pendirian, ndk istiqamah, ndk bisa jadi pemimpin, hehehe)

5. Ada kesempatan. (Kalau ini jelas, menggunakan kesempatan dalam kesempitan)

6. Ingin nilai yang tinggi. (Biasanya orang yg nyontek ingin mendapatkan nilai yang tinggi, ndk penting walaupun menghalalkan segala jalan, yg penting lulus)

7. Ingin dapet uang. (Kalau yg satu ini joky jawaban. Biasanya mereka membocorkan jawaban dengan imbalan sejumlah uang atau dollar, ndk apa2 hasil syubhat yg penting kenyang, hehehe)

8. Ingin bantu temen atau murid. (Kalau yg ini pingin jadi pahlawan kebaikan, tp salah langkah…hehehe)

9. Disuruh nyontek. (Haaaaaa…kalau yg ini gimana ya?, karena ada dosen yg nyurh mahsiswanya buka buku ktika ujian, biar nilainya dapet A semua), seakan-akan mahsiswanya pinter semua, tp dosennya jadi bodoh, hehehehe)

10. Apalagi ya…bagi temen2 yg tahu sebab-sebab nyontek tlong tlis disini ya……….

37 responses to “Tahukah Anda Kenapa ‘Orang Indonesia’ Suka Nyontek Ketika Ujian?

  1. Waduh parah juga tuh, pa benar nyontek bisa membunuh generasi bangsa? conteklah ilmu yang bagus….

  2. kalau lagi ujian emang gak boleh mencontek
    begitu juga untuk pe-er
    tapi kalo ada ilmu yang bagus boleh lah ditiru (bukan dicontek)

  3. guru yang jadi pengawas waktu ujian banyak sekali yang membiarkan muridnya nyontek. alasannya kasihan jika nggak naik kelas. busyet

  4. tak kan ada rasa puas atas nilai yang diraih dengan mencontek.

    jujur itu selalu indah.

    amin…

  5. salah satunya, bahwa mental bangsa ini terkenal dengan mental menerabas (Kontjoroningrat) dan kedua, bahwa siswa di Indonesia itu, tidak pernah sekolah. Yang sekolah bapak dan maknya. Banyak bukti bahwa orang tua banyak mendekati guru, agar anaknya di naikkan. Tapi begitu UAN, hampir seluruh bangsa ini protes. Dan kebiasaan ini terus berlanjut. Tapi kagak tahu setelah gaji guru dinaikkan, apakah masih ada bargain2 lagi atau tidak

  6. Karena disini yang penting nilai gede, daripada usaha sendiri hasil kecil, itulah sampe gede juga kebiasaan, pengen istan

  7. ada tambahan neeeh :
    1. UJI NYALI. untuk ngetes keberanian siswa. kalo emang nyali loe besar, coba aja nyontek, brani gak? klo yg nyali-nya kecil, gak bakalan brani tuh.
    2. meningkatkan KREATIFITAS siswa. dia akan menemukan cara2 terbaru & canggih, shg siswa jd berkembang.

  8. ga usah jauh2 ke pelajar, blogger pun suka nyontek alias kopas (copy-paste), hehehe…
    mari kita hilangkan kebiasaan yg tidak kreatif ini ^o^

  9. pokoknya udah mendarah daging emang ssh dech..hehe

  10. ya namanya juga usah untuk menjadi yang terbaik.cuma caranya aja yang salah

  11. jawabannya sebenarnya mengakar pada satu hal…..klo menurutku yang kesepuluh itu hanya “cabang” saja….
    penyebab dan sekaligus yang harus diperbaiki adalah moral/akhlak

    http://www.nurrahmanarif.wordpress.com

  12. kalo ujian open book aja, jadi bukunya boleh dibuka tutup, yang dinilai kemampuan berpikir & analisis siswanya.

  13. yang jelas kenapa nyontek itu karena ga pede apa yang udah dihapal malamnya besoknya masih inget apa kagak…dan itu akibat dari kebiasaan sistem kebut semalam…padahal dengan baca setiap hari…minimal kita bisa mengingat kata kunci dari sebuah kalimat….

    omon2 saya dulu juga nyontek kok heheheheh

  14. Bagaimanapun, akan sangat banyak orang yang masih tidak bisa menghilangkan budaya itu.
    Tapi setidaknya, walau sangat sedikitbahkan hampir-hampir tidak ada, masih ada yang sanggup untuk tidak mencontek. :S

  15. ehmmm, nggak pernah nyontek pas ujian.. swear ewer ewer boom2 deh!!

    yang pernah, nanya jawabannya ama temen😆

  16. yaaaa gitu dehhhh…..
    salah satu na tuntutan dari orang tua,,
    biar dapet nilai bagusss..
    tapi ya enjoy ja jalanin…

  17. budaya kita masih menganggap bahwa nilai menjadi indikator utama dalam keberhasilan seseorang…so dia harus harus dapet nilai bagus dengan cara2 yang tidak dibenarkan alias NYONTEK

  18. kayaknya gak hanya orang Indonesia dech,…
    kalo baca ciri2nya semua orang yang ngalami kondisi kayak gitu pasti punya pikiran nyontek aja dech,…
    perbaiki “mental” dan hidup kita

    karena hidup adalah rutinitas kebiasaan yang terjadi dan terjadi lagi,..

  19. Yah wong di sekolah udah nyontek, jadi pejabat bakal korupsi deh.

  20. Oya, gara2 sejak SD suka nyontek, pas kuliah semester 6 bisa2 jadi kaya gini:
    http://adit38.wordpress.com/2008/11/08/lucu-juga-ya-mahasiswa-matematika/

  21. Tapi rata2 orang nyontek karena ada kesempatan.. Nah karena ad kesempatan itu jadi pas mLm ga bLajar…🙂

  22. pesan dari mbah Vanzoel:
    banyak belajar banyak lupa…
    sedikit belajar sedikit lupa…
    gak belajar gak ada yang lupa…
    so, ga usah belajar aja yAa,,

    Ha…ha..ha..

  23. Orang juga nyontek krna tmnnya ngasih contek, klo ga di kasih contek juga dia ga nyontek!
    =P

    visit susahbanget.wordpress.com

  24. Makanya orang Indonesia sudah diajari tidak jujur sejak kecil…
    Makanya hasilnya ya seperti sekarang ini…
    Kebiasan jelek walaupun kecil jika lama dibiasakan hasilnya akan merusak ..
    Seperti Peribahasa “Karena nila setitik rusak susu sebelahnya…🙂

  25. Pesan Dosen: Boleh nyontek asal tidak ketahuan, heheheheehe

  26. males aja!

    tohhh kagak ngepek!….emengnye kalo nilai biologinya 100 gara22 apal fotosintesis….bisa jadi lebih kaya di dunia kerja nanti?….emeng kepake?

    jadi drpd ngabisin kapasitas otak bwat ngapalin barang ga guna….mending nyontek deh!

    ……….kalo bisa nyontek kenapa kagak nyontek?

    hayyahh….peribahasa yg anyehh!

    dohhhhhh…..

    intinyaaa……

    akibat kurikulum anehnya negaraku tercinta!

  27. betul banget tu bang. salam kenal sebelumnya

  28. saling bantu bro

  29. wah saya paling jijih liat orang2 yang ngerjain ujian pake nyontek😦

  30. Setuju ama queenalea..😛
    Di Indonesia kan semua subjek pelajaran tuh wajib buat anak sekolahan, ga ada kebebasan buat milih & ngambil kelas yang subjek nya di sukai kaya metode belajar di luar negri.

    Jadi ada subjek² pelajaran yang emang ga berguna, [mungkin bergunanya cuma buad jawab pas ujian itu aja]😛

  31. Bambang Sriwijonarko, S.Ip

    wong di sekolah udah nyontek, jadi pejabat bakal korupsi deh.
    Makanya Indonesia ketinggalan terus, krn dari generasi ke genarasi bisanya mencontoh bukan membuat/menciptakan…….
    Salam

  32. @queenalea
    Bener tuh,
    akibat gonta-ganti kurikulum di negara kita!
    @bukan superstar
    Emang tuh sbel bnget, apalgi nanya ke kita mulu! Kalo kita yang nanya c gapapa!
    =P

  33. Karena ilmu yg diajarkan tdk aplikatif. selesai ditelan kemudian dimuntahkan. Jd cenderung lebih enak nyontek, bgt.
    ==Pengalaman seorang penyontek, hehehe==

  34. hanya org yg tidak tahu malu yg suka nyontek

  35. sebenarnya budaya nyontek bukannya mendarah daging, tapi sudah menjadi kebiasaan, dan nyontek udah menjadi pandangan, w percaya bangsa kita masih ada yg jujur walaopun dikit……

  36. budaya nyontek di kelas tuh sdh menjadi kebiasaan remaja skrg. Guru hrs ekstra keras menjaga agar nilai bisa mencerminkan kemampuan, janga nyg nyontek nilai bagus pdhl dia gak tau apa2. Mknya perlu diberi soal yg berbeda antara kiri dan kanan .

  37. jujurlah agar masa depan mu dapat MENJADI ORANG YANG DAPAT DI PERCAYA…………. OKE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s